Tentang Kami

Lembaga Seni Budaya Mahasiswa Islam (LSMI) adalah suatu lembaga kekaryaan dari Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Malang. Oleh karena itu LSMI ingin memperjuangkan seperti apa yang termaktub dalam pedoman pengkaderan HMI, sesuai dengan fungsinya yaitu untuk mempertajam tujuan HMI pada dimensi eksternal organisasi.

Dalam berkiprah LSMI senantiasa mengangkat platform islam sebagai landasan dan koridor geraknya, Artinya seni dalam pandangan universal adalah sebuah karya yang sebenarnya tidak hanya mengedepankan nilai estetika, tetapi juga etika. Seni telah menjadi bagian dari kehidupan manusia dan menjadi salah satu kekuatan yang tidak bisa dihilangkan

Petikan dawai, tarian, goresan canvas dan karya-karya seni yang lain sebenarnya hanyalah cuplikan karya seni yang menggambarkan realitas seni sesungguhnya,

yakni perjalanan hidup manusia itu sendiri, sehingga seni tidak semata-mata menjadi tujuan akhir kehidupan tetapi bagaimana menjadikan seni sebagai media informasi/dakwah yang mengandung pesan moral, ajakan, himbauan bahkan seruan. Dan ketika estetika dan etika menjadi pegangan yang kuat sebuah karya seni, niscaya produk-produk yang lahir adalah karya-karya seni yang lebih humanis dan mendidik.

Sehingga ketika mencoba menggali seni dari sudut pandang agama adalah bagaimana kita mampu mengkorelasikan tingkat humanis dari karya yang ada menjadi bagian dari kekuatan aturan-aturan yang ada dalam agama itu sendiri. Islam adalah Rahmatan lil alamin, yang mampu mendamaikan siapapun yang berteduh disana.

Ketika menggali seni islam adalah bagaimana kita mampu menghadirkan sebuah kemasan yang tidak hanya indah tetapi juga humanis dan religius.Pemahaman tentang seni seperti dikemukakan diatas itulah, maka lembaga ini mencoba untuk membumikan nilai-nilai ke-islaman melalui seni.