(Maria Hidrissi/Instagram)

Sekilas Maria Hidrissi, Model Muslim Pertama yang Muncul di H&M

Lihatlah Maria Hidrissi, model muslim pertama yang hadir secara ekslusif menjadi kampanye iklan di majalah asal Swedia, H&M. Video kampanye yang berjudul ‘H&M Close The Loop – Sustainable fashion through recycled clothes’ menghadirkan Maria, menjadi salah satu karakter yang muncul di film pendek ini, sedang bersandar di sisi pintu mengenakan kacamata bulat, dengan atasan putih yang menaungi celana lebar, mantel merah muda, tas hitam dan kerudung yang pas.

(Maria dalam kampanye iklan H&M)

Pemunculan Maria Hidrissi telah mendapat banyak perhatian di media sosial, dan menginspirasi banyak wanita muslim di seluruh dunia. Seorang pengguna facebook berkata, “KEREN! Terima kasih H&M. Ada banyak wanita muslim yang sangat gemar belanja di H&M dan kini makin cinta!”.

Seorang Blogger wanita muslim juga menulis, “Maria Hidrissi tak hanya menjadi model dalam kampanye iklan, namun juga menyadarkan banyak orang. Dengan cara sunyi dan mudah dia membuat banyak orang melihat wanita muslim tanpa khawatir, namun memunculkan keingintahuan yang sehat. Maria membuka tabir percakapan yang selamat ini tertutup.”

“H & M sekli lagi berani berbeda dengan kompetitornya dengan menyajikan gambar wanita berkerudung selama peluncuran koleksi denim terbarunya minggu ini #respect,” seru ADC-MI (American-Arab Anti-Discrimination Committee) sebuah komite yang melawan diskriminasi amerika-arab melalui sosial media.

(Maria Hidrissi/Instagram)

Maria adalah satu dari sekian banyak orang yang ikut dalam kampanye iklan H&M tentang upaya mereka mendaur ulang pakaian bekas untuk menciptakan kembali lini pakaian dengan model terkini. Kampanye ini telah berlangsung sejak 2013 lalu. H&M pernah meluncurkan lini denim yang disebut Close the Loop yang terbuat dari pakaian yang disumbangkan.

Film pendek ini mendukung gerakan untuk mendaur ulang kaos lama menjadi kaos baru yang sudah dimulai sejak 2013. Mereka merilis produk denim bernama ‘Close the Loop’ yang menerima sumbangan banyak kaos selama program berlangsung.

Saat ini, dunia industri melirik fesyen wanita muslim mengingat meningkatnya tren pakaian muslim saat ini. Menurut sebuah laporan dari Thomson Reuters, wanita muslim menghabiskan sekitar USd266 miliar untuk belanja pakaian dan sepatu pada 2013 dan akan terus meningkat. Karenanya, tidak heran jika H&M melirik pakaian muslim. DKNY pernah merilis lini pakaian muslim pada Ramadan 2014 lalu, Tommy Hilfiger dan Mango juga mengeluarkan koleksinya tahun ini.

 

Related Posts